Sabtu, 24 November 2012

Manajemen Waktu & Disiplin

Apa sih manfaat manjemen waktu?
Selain membantu kita untuk mengelola waktu dengan baik, manajemen waktu juga dapat membantu kita dalam mendisiplinkan diri, mebantu menentukan prioritas, mengurangi kecenderungan utntuk menunda pekerjaan, menghindari tabrakan waktu, memberi kebebasan dan kendali, serta masih banyak lagi.

Disini, saya akan mebahas salah satu manfaat manajemen waktu, yaitu manajemen waktu membantu kita dalam mendisiplinkan diri.

MANAJEMEN WAKTU UNTUK MENDISIPLINKAN DIRI
Manajemen waktu bertujuan kepada produktifitas yang berarti rasio output dengan input. Tampak dan dirasakan seperti membuang-buang waktu dengan mengikuti fungsi manajemen dalam mengelola waktu. Merencanakan terlebih dahulu penggunaan waktu bukanlah suatu pemborosan melainkan memberikan pedoman dan arah bahkan pengawasan terhadap manajemen waktu.Setelah pengorganisasian terjadi maka penggerakan pun dilakukan yang mencakup pelaksanaan sendiri dan pemberian motivasi kepada pemegang delegasi. Satu hal yang penting ialah komitmen kuat untuk konsisten pada rencana manajemen waktu dan mengeliminasi gangguan-gangguan termasuk permintaan bantuan dari atasan maupun bawahan dengan cara berani mengatakan “TIDAK”.

Membuat daftar aktivitas pekerjaan (to do lists) seperti yang sudah dijelaskan dalam posting sebelumnya. Disini kamu akan belajar menghargai waktu dan pentingnya batas waktu setiap pekerjaan (deadline). Tanpa batasan seperti ini, biasanya seseorang lupa akan semua tanggungjawab pekerjaannya. Lupa akan harus bekerja secara produktif, efektif, dan efisien. Itulah gunanya deadline…

Tujuh prinsip manajemen waktu yang kreatif menurut DR Jan Yager: selalu aktif (bukan reaktif), tentukan sasaran, tentukan prioritas dalam bertindak, pertahankan fokus, ciptakan target waktu yang realistis, dan lakukan sekarang juga (DO IT NOW):
D = Divide (bagi-bagilah tugas).
O = Organize (atur bagaimana melaksanakannya).
I   = Ignore (abaikan gangguan).
T  = Take (ambil kesempatan).
N  = Now (sekarang harus dijalankan).
O  = Opportunity (ambil kesempatan).
W = Watch out (waspada dengan waktu).

“Penundaan adalah pencuri waktu” (Edward Young, Night Thoughts). Hambatan utama dalam manajemen waktu adalah ketidak mampuan untuk berkata “tidak”, penundaan, pekerjaan tulis menulis, mengendalikan pengaruh telepon dan televisi, kegagalan dalam menentukan prioritas, waktu pulang pergi dalam melakukan perjalanan, mengeluh, dan alasan.

Jika kamu mau melakukan tips manajemen waktu ini, kamu bisa menghemat 1 jam per hari, 7 jam per pekan, atau bisa juga dihitung dengan satu hari kerja per pekan. Artinya 364 jam dalam setahun.Ini dilakukan hanya dengan mengurangi waktu noton TV kalian. Kalian cukup menonton TV selama 1 jam per hari.

Alihkan jam-jam Anda yang selama ini digunakan untuk menonton untuk kegiatan yang lebih produktif, misalnya:
  • Memperbanyak ibadah.
  • Membaca buku atau ebook.
  • Menonton video edukasi dan motivasi.
  • Belajar sesuatu.
  • Mengerjakan tugas..
  • Melakukan bisnis sampingan.
  • Dan, masih banyak ide lain yang jauh lebih produktif dan bermanfaat dibandingkan dengan nonton TV.
Jadi, kalian jangan pernah mengatakan kalau kalian ga punya waktu untuk belajar, jika kamu masih menonton TV selama berjam-jam. Dan kalian harus ingat bahwa waktu yang sudah lewat tidak akan pernah kembali. Kalau kehilangan harta masih bisa dicari, coba kalau kehilangan waktu? Apa bisa waktu yang sudah hilang itu dicari lagi?

AND REMEBER!!
TIME IS MONEY 

1 komentar:

DYAN FEBITA SARI mengatakan...

Terimakasih infonya
Sangat membantu :))

Posting Komentar

 
;